REMBUK STUNTING KALURAHAN BANDUNG TAHUN 2022

MUHTAR 15 Juli 2022 14:15:26 WIB

Bertempat di Balai Kalurahan Bandung Kapanewon Playen Kabupaten Gunungkidul telah berlangsung penyelenggaraan Rembuk Stunting Tingkat Kalurahan, Jumat 15 Juli 2022.

Acara ini dihadiri oleh Lurah Bandung, Panewu Kapanewon Playen, Pendamping Kapanewon Playen, Pamong Kalurahan Bandung, Staf Pamong Kalurahan Bandung, Babinsa dan bhabinkamtibmas Kalurahan Bandung, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Perwakilan Kader Posyandu, serta tokoh perempuan Kalurahan Bandung dan Petugas dari Puskesmas Playen I.

Kegiatan ini dimulai pukul 13.00 WIB, dan dimulai dengan pembukaan dan berdoa yang dipimpin oleh pembawa acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Lurah Bandung Mawal Edi Tri Kusmantya.

dalam sambutannya Lurah Bandung, menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar besarnya kepada Narasumber dan Undangan yang sudah menyempatkan hadir dalam kegiatan Rembuk Stunting di Kalurahan Bandung ini.

Perlu diketahui bersama, Rembuk stunting ini berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Padukuhan dengan pemerintah Kalurahan dan BPK untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Kalurahan khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Kalurahan Bandung.

Adapun kegiatan utama dalam rembuk stunting di Kalurahan, meliputi:

  • pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah; dan
  • pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif. Kesepakatan hasil rembuk stunting di Kalurahan dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh perwakilan peserta rembug stunting, dan pemerintah Kalurahan.

Pemanfaatan Dana Desa untuk penanganan stunting dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga kalurahan yang terindikasi perlu mendapat perhatian dalam penanganan stunting oleh kader pemberdayaan di kalurahan. Selanjutnya lewat Rembuk Stunting Kalurahan Bandung, seluruh pemangku kepentingan di kalurahan merumuskan langkah yang diperlukan dalam upaya penanganan stunting termasuk bekerja sama dengan dinas layanan terkait.

Pelaksanaan Rembug Stunting ini akan menghasilkan sebuah data nantinya yang akan digunakan dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2023.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar