VAKSINASI WARGA KALURAHAN BANDUNG

MUHTAR 22 Juni 2021 09:39:44 WIB

21 JUNI 2021 Puskesmas Playen I menyelenggarakan vaksinasi bagi masyarakat di Kalurahan Bandung. Ketika sebelumnya sasaran vaksinasi adalah lansia usia 60 th keatas kali ini menyasar bagi usia 50 th sampai 59 th.

Vaksinasi ini diselenggarakan di balai kalurahan Bandung untuk warga sekitar dengan syarat membawa KTP. Pengaturan antrian dibagi atau dikelompokkan per padukuhan.

Lurah Bandung Mawal Edi Tri Kusmantya dibantu Satgas Relawan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa membantu dalam pengarahan pendaftaran dan pengecekan suhu juga memantau jalannya pelaksanaan vaksinasi tersebut.

Proses vaksinasi dilakukan bertahap yaitu pendaftaran, pengecekan tensi/ tekanan darah dan wawancara kesehatan, penyuntikan serum vaksin, dan terakhir observasi.

Pengecekan tensi/ tekanan darah dan screening kesehatan dilakukan untuk melihat apakah seseorang tersebut bisa menerima vaksin atau tidak. Jika terdapat riwayat penyakit yang memungkinkan dapat membahayakan keselamatan maka vaksin belum dapat diberikan pada saat itu.

Observasi dilakukan 30 menit setelah penyuntikan vaksin untuk melihat apakah ada reaksi tubuh terhadap vaksin. Jika terdapat sesuatu maka petugas akan langsung melakukan penanganan medis.

Vaksinasi yang dilaksanakan di Balai Kalurahan Bandung mendapat respon baik oleh warga yang datang berbondong bondong untuk bisa mendapatkan pelayanan vaksin dari petugas Puskesmas Playen I.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar