PEMBEKALAN RELAWAN POKJA SDGs KALURAHAN BANDUNG

REMISILADO 12 April 2021 10:11:23 WIB

Bandung, Jum’at 09/04/2021. Pemerintah Kalurahan Bandung, Kapanewon Playen, Kabupaten Gunungkidul menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan kelompok Kerja(Pokja) pendataan Sustuinable Development Goals (SDGs) tahun 2021. Bimtek yang dilaksanakan di Aula Balai Kalurahan Bandung yang dihadiri Lurah Bandung Bapak Mawal Edi Tri Kusmantya, Tim Relawan SDGs, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan pendamping Desa. SDGs Kalurahan merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021.

Carik Bandung saudara Rosyid Hidayat menjelaskan “SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021. SDGs Desa adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa Acara Bimtek dipandu oleh Saudara Khusnul Khotimah selaku Pendamping Desa. Dalam Bimtek, Relawan Pokja diberikan materi dan bekal sehingga pendataan yang menggunakan Aplikasi SDGs berjalan lancar. Khusnul Khotimah menambahkan bahwa target pendataan berlangsung sekitar 2 bulan,  “Pendataan ini dalam operasionalnya menggunakan aplikasi SDGs sehingga pengumpulan data langsung dari KK oleh relawan”, jelasnya. Di Kalurahan Bandung Terdapat 38 RT dari 8 padukuhan yang harus didata oleh Relawan pendataan.

Pendataan dilakukan menggunakan 4 bendel blanko yang telah dijelaskan oleh pendamping desa tentang tata cara pengisiannya. Blanko tersebut terdiri dari blanko kuesioner Individu, Kuesioner Rumah Tangga, Kuesioner Rukun Tetangga, dan Kuesioner Desa.

Materi dan bekal disampaikan oleh pendamping Desa saudara Khusnul Khotimah yang menjelaskan secara detail cara pendataan dan tata cara pengisian aplikasi pendataan SDGs dan relawan juga di ajak bersama untuk mencoba pendataan pada saat Bimtek Relawan Pokja dengan tujuan untuk mempermudah relawan pada saat pendataan di masing-masing wilayah

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar